Jenis Anti Gores Smartphone dan Keunggulannya

Screen protector atau anti gores dapat dikatakan sebagai aksesoris yang wajib dipakai oleh pengguan smartphone touchscreen. Walaupun layar smartphone kamu menggunakan Resistant Glass, Dragontrail Glass atau Corning Gorilla Glass sekalipun, pelindung layar tetap perlu digunakan. Karena berdasarkan pengalaman banyak penggunanya, layar Gorilla Glass sekalipun tetap bisa tergores oleh debu-debu halus, pasir ataupun kunci (jika dilihat dengan cermat akan terlihat goresan-goresan halus pada layar).

Jenis Anti Gores Smartphone dan Keunggulannya

Biasanya screen protector atau anti gores tidak tersedia dalam paket penjualan smartphone ataupun tablet, artinya kamu harus membeli sendiri secara terpisah.

Sebelum membeli, sebaiknya kenali dulu jenis serta keunggulannya, agar tidak asal membeli sehingga sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Clear (Transparan)



Dari sekian banyak anti gores, jenis inilah yang paling standard dan tidak memiliki keunggulan lain yang menonjol jika dibandingkan dengan anti gores lainnya. Meskipun demikian, anti gores jenis Clear merupakan anti gores yang paling jernih saat dipasang ke layar smartphone.

Tak hanya itu, screen protection satu ini juga memiliki harga yang paling murah.

2. Anti Spy


Anti Spy

Seperti namanya, anti gores jenis ini tak hanya melindungi smartphone kesayangan dari goresan, tapi juga dapat membuat layar sulit untuk dilihat dari arah samping sehingga membuat orang lain tidak dapat mengintip kamu saat sedang menggunakan smartphone.

Dengan Anti Spy, privasi kamu saat menggunakan handphone akan tetap terjaga..

Namun jenis ini sudah jarang dijual, kalaupun ada biasanya untuk smartphone jadul seperti Blackberry dan iPhone generasi lama.

3. Anti Gores Dark


Screen protector Dark

Anti Gores Dark ini mirip dengan Anti Spy, namun tetap bisa dilihat meskipun tidak tegak lurus dari layar smartphone. Antigores ini cukup bermanfaat bagi kesehatan mata karena dapat mengurangi radiasi cahaya dari ponsel.

Kelemahannya apabila di bawah sinar matahari yang terik atau di luar ruangan, layar jadi tidak terlihat terlihat.

4. Anti Glare


Screen protector Anti Glare

Anti Glare Screen Protection memiliki kemampuan untuk mengurangi pantulan cahaya pada layar smartphone. Anti gores jenis ini jika diraba permukaanya terasa agak kasar.

Dengan anti gores ini, kamu tidak perlu lagi takut layar menjadi silau saat menggunakannya di tempat terbuka. Selain itu, bahan Anti Glare Screen Protection juga dapat membuat layar menjadi bebas dari minyak.

Anti gores ini dapat meminimalisir menempelnya minyak dari wajah atau tangan ke layar saat sobat sedang menggunakannya untuk menelepon.

5. Mirror


Screen protector Mirror

Kalau anti gores satu ini cocok untuk dipakai oleh cewek karena memiliki permukaan yang dapat memantulkan cahaya sehingga dapat dipakai sebagai cermin.

Susunan bahan Mirror Screen Protection mirip seperti Anti Spy sehingga juga dapat mencegah seseorang untuk melihat layar smartphone kamu dari samping.

6. Nano Liquid Protector


Screen protector Nano Liquid

Sesuai dengan namanya, screen protector ini berbentuk cairan. Cara menggunakan anti goresan Nano Liquid adalah dengan menuangkannya ke layar ponsel kemudian diratakan. Nano Liquid akan meresap ke dalam pori-pori layar dan akan membentuk suatu lapisan bening yang berfungsi sebagai lapisan pelindung dengan tingkat ketahanan yang tinggi.

Namun sayangnya, Nano Liquid Protector hanya akan sempurna jika dipakai pada layar yang permukaannya terbuat dari kaca.

Screen protektor jenis ini masih jarang ditemui di Indonesia, selain harganya mahal, juga sulit untuk mendapatkannya kecuali memesan secara online lewat amazone atau e-bay.

7. Tempered Glass


Tempered Glass

Buat yang ingin mendapatkan perlindungan ekstra pada layar smartphone, kamu dapat mencoba menggunakan jenis Tempered Glass ini. Anti gores ini terbuat dari kaca yang telah diproses dengan menggunakan suhu yang sangat panas sehingga tidak mudah tergores atau pecah.

Tempered Glass mampu melindungi layar ponsel kamu dari berbagai jenis benturan baik benturan dengan benda tumpul maupun benda tajam. Karena bentuknya yang kaku, mudah sekali dalam pemasangan (tidak menimbulkan gelembung).

Tak hanya itu, dengan Tempered Glass layar smartphone tetap terlihat bening dan jelas seperti sedang tidak menggunakan anti gores. Screen protektor jenis ini yang sangat digemari pengguna saat ini. Selain kualitasnya yang baik, harganya juga termasuk murah dan banyak tersedia di pasaran.

Nah sekarang sudah tahu kan jenis-jenis anti gores beserta keunggulannya masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, jangan sembarangan lagi saat ingin membeli screen protector karena perannya yang sangat penting untuk menjaga agar layar smartphone kamu tetap awet.