Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas

Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Ya memang demikian adanya. Pada saat Anda mencari suatu kata kunci di internet untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Mungkin yang pertama kali Anda lihat adalah judul dari konten tersebut. Setelah Anda rasa sesuai dengan apa yang Anda cari maka Anda akan mulai membuka konten tersebut.

Selang berapa lama Anda pun akan membaca sedikit demi sedikit atapun sekilas dari konten tersebut.

Apakah Anda akan betah berlama-lama menyelesaikan membaca konten yang Anda baca tersebut atau akan segera menutupnya setelah tau ternyata isinya tidak sesuai dengan apa yang dicari?

Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas

Pasti Anda akan segera menutupnya dan mungkin mencari konten lain yang sesuai dengan yang Anda cari.

Tapi bagaimana jika konten tersebut sesuai dengan apa yang Anda cari? menjelaskan konten dengan ringan serta rinci. Pasti akan betah membacanya berlama-lama dan bahkan mungkin setelahnya Anda bisa membagikannya ke teman-teman yang lain.

Pertanyaannya bagaaimana cara membuat konten yang berkualitas dan disukai oleh pembaca?

Berikut akan saya jelaskan beberapa tips cara membuat konten blog yang berkualitas dan disukai oleh pembaca.

1. Menguasai Topik


Bagaimana jika Anda disuruh menjelaskan suatu materi yang tidak Anda kuasai pada suatu forum? pastinya akan kesusahan dan kebiungan dalam menjelaskannya.

Begitupun dengan membuat konten. Apabila Anda memaksaka diri untuk tetap membahas suatu topik atau materi yang tidak dikuasai pastinya akan kesulitan dalam membahasnya.

Kalaupun bisa membahas materi tersebut mungkin tidak akan menghasilkan materi yang bagus dan menarik buat pembaca.

Karena Anda menjelaskannya dengan mungkin asal-asalan yang penting membuat konten.

2. Tulis Konten sebagaimana Anda Berbicara


Misal Anda harus menjelaskan suatu materi. Anda pasti akan menjelaskan dengan lancar dan tidak kaku apabila tau apalagi pernah mengalami hal tersebut.

Sebagaimana berbicara dengan lawan bicara kita dalam menjelaskan suatu materi, seperti itulah kita membahas mengenai suatu konten.

Mengalir dengan sendirinya bukan seperti diadadakan sehingga akan menarik orang yang membaca konten tersebut.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami


Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dalam membahas suatu konten. Sesuai dengan target blog Anda.

Kita akan lebih mudah mencerna suatu informasi apabila informasi tersebut tata bahasanya umum digunakan.

Misal apabila menggunakan salah satu kata yang bahasanya yang kira-kira tidak dimengerti target blog Anda maka Anda jelaskan pengertian istilah tersebut agar mereka paham dengan apa yang Anda sampaikan.

4. Buat Paragraf yang Enak Dibaca


Pada saat Anda berselancar di internet dan mencari suatu materi. Mungkin Anda pernah menemukan suatu konten yang sangat padat kalau kita tulis di microsoft word mungkin satu halaman hanya dua paragraf.

Membuat tulisan yang terlalu bertumpuk dan jarang sekali paragraf akan membuat mata pembaca cepat lelah sekalipun materi yang disampaikan bagus.

Cobalah Anda membuat dua atau tiga baris tulisan kemudian beri paragraf baru karena dengan begitu sekalipun tulisan yang disampaikan banyak tapi serasa sedikit.

Padahal setelah di scroll ke bawah tulisannya sangat banyak. Hal ini disebabkan mata tidak cepat lelah dalam membaca konten yang seperti itu.

5. Membangun Backlink


Backlink artinya linkbalik dari suatu konten atau halaman kepada konten lain baik di dalam suatu blog terhadap konten lainnya yang masih di dalam blog tersebut ataupun link keluar.

Kalau backlink external misalkan Anda menjelaskan suatu topik mengenai SEO dan ada materi mengenai backlink tapi Anda tidak membahasnya.

Maka Anda dapat memberitahukan suatu blog yang membahas mengenai backlink tersebut kemudian Anda mencantumkan link nya dan orang lain bisa klik link tersebut untuk mengetahui lebih jauh mengenai backlink.

Related Posts

Load comments

Comments