Cara Cek Kuota Indosat, XL, AXIS, Tri, dan Telkomsel

Bergonta-ganti kartu perdana seringkali membuat kita jadi lupa bagaimana caranya mengetahui informasti dasar seperti sisa kuota paket internet, telepon, SMS, dan lain-lain. Maka dari itu kita masih membutuhkan Google untuk searching tentang bagaimana caranya mengetahui informasi-informasi dasar tersebut.

Cara Cek Kuota Indosat, XL, AXIS, Tri, dan Telkomsel

Meskipun informasinya sudah tertera di kartu perdana yang kita beli, ujung-ujungnya kita masih saja lupa dan mengabaikan informasi tersebut karena sudah buru-buru membuang kartu berisi informasi tersebut.

Berikut ini adalah Cara Cek Kuota Indosat, XL, AXIS, TRI, dan Telkomsel. Mari simak di bawah ini.

Cara Cek Kuota Indosat


Cara Cek Kuota Indosat

1. Melalui Dial Phone

Cara cek kuota Indosat yang pertama yaitu melalui dial phone. Cara pertama ini sangat mudah dan cepat, jika tidak sedang terjadi error atau gangguan. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama-tama buka menu dial phone kamu lalu ketik *363# kemudian tekan call/panggil
  • Pada menu yang tersedia, pilih menu nomor 2 Internet/Nelp/SMS/BB lalu tekan call/panggil
  • Pilih menu nomor 8 status&info lalu tekan call/panggil
  • Selanjutnya pilih menu nomor 1 Cek Kuota tekan call/panggil
  • Pilih menu nomor 1 lagi Paket Internet tekan call/panggil
  • Jika tidak gangguan, kamu akan mendapatkan notifikasi dari nomor 363 mengenai informasi seputar kuota internet Indosat yang sedang kamu gunakan.

2. Melalui SMS

Cara cek kuota Indosat yang kedua yaitu melalui layanan pesan singkat atau SMS. Cara ini juga sama mudah dan cepatnya dengan dial phone. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, buka layanan pesan atau SMS kamu
  • Ketik Usage lalu kirim ke 363
  • Selanjutnya kamu hanya menunggu SMS balasan dari operator Indosat di nomor yang sama. Biasanya jika tidak sedang gangguan, kamu akan mendapatkan SMS balasan berisi informasi seputar sisa kuota hanya dalam waktu beberapa detik saja.

3. Melalui Aplikasi MyIM3

Cara cek kuota Indosat yang ketiga yaitu melalui aplikasi MyIM3 yang harus kamu download dan install dulu di hape kamu. Kamu bisa download aplikasinya di Play Store maupun App Store, tergantung dari jenis hape yang kamu gunakan.


Jika sudah didownload dan diinstall, buka aplikasinya. Kamu harus daftar terlebih dahulu dengan memasukkan alamat email, nomor IM3, dan password. Jika sudah berhasil daftar dan informasi yang kamu masukan benar, maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama. Di halaman utama tersebut akan terlihat secara otomatis informasi mengenai sisa kuota kamu.

Cara Cek Kuota XL Axiata


Cara Cek Kuota XL Axiata

1. Cek Kuota dengan Dial Phone

Cara cek kuota XL yang pertama bisa dilakukan melalui dial phone. Cara ini sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, bahkan hanya kurang dari semenit. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Pertama-tama, buka dial phone di hape kamu lalu ketik *123# kemudian tekan call/panggil
  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu yang berisi jenis informasi yang ingin diketahui. Pilih menu nomor 3 Internet dengan cara mengetik angka 3 di kolom dialog box lalu tekan send/kirim
  • Pada menu selanjutnya yang muncul, pilih menu nomor 5 cek kuota dengan cara mengetik angka 3 pada dialog box kemudian tekan send/kirim
  • Selanjutnya pilih menu nomor 2 cek kuota lalu tekan send/kirim
  • Jika permintaan berhasil diproses, informasi mengenai sisa kuota XL akan muncul melalui SMS dari nomor operator XL yaitu 123
  • Dial UMB cek kuota xl cepat *123*3*5*2# Atau Ketik *123*7*1# pilih Cek Kuota

2. Cek Kuota dengan SMS

Cara cek kuota XL kedua yaitu dengan mengirimkan SMS. Cara ini juga terbilang sangat mudah dan cepat. Selain itu, cara ini tidak dikenakan biaya atau gratis sehingga menjadi pilihan cara cek kuota yang paling diminati selain melalui dial phone.

  • Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengetik SMS dengan Format KUOTA lalu kirim ke 868
  • Tunggu hingga permintaan kamu berhasil diproses, selanjutnya kamu akan mendapatkan SMS balasan dari nomor 868 mengenai sisa kuota internet XL yang kamu gunakan.

3. Cek Kuota dengan Aplikasi MyXL

Cara cek kuota XL yang ketiga bisa melalui aplikasi MyXL yang kamu download terlebih dahulu di Play Store atau App Store. Setelah download dan install aplikasinya, kamu buka aplikasinya melalui hape kamu.

Jika kamu belum memiliki akun XL, buat akun terlebih dahulu dengan memasukkan nomor XL dan membuat password. Setelah itu kembali ke halaman awal lalu login menggunakan informasi yang kamu pakai saat membuat akun.

Jika berhasil login, pada halaman utama aplikasi MyXL akan muncul informasi seputar sisa kuota, dan informasi-informasi lainnya secara otomatis. Melalui aplikasi MyXL kamu juga bisa menggunakan layanan-layanan lainnya dan memilih jenis paket XL lainnya yang sudah dilengkapi dengan harganya.

Cara Cek Kuota AXIS


Cara Cek Kuota AXIS

1. Cek Kuota Axis Melalui Dial Phone

Cara cek kuota AXIS yang pertama bisa kamu lakukan melalui dial phone. Cara ini sangat mudah dan cepat, hanya memakan waktu tidak lebih dari 1 menit, bahkan malah kurang. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut :

  • Pertama-tama, dial *123# lalu tekan call/panggil
  • Setelah itu akan muncul sederatan menu, pilih menu nomor 7 MyInfo dengan mengetik angka 7 pada dialog box lalu tekan SEND/KIRIM
  • Pilih menu nomor 3 Cek Kuota Paket dengan mengetik angka 3 pada dialog box lalu tekan SEND/KIRIM
  • Pada menu yang muncul selanjutnya, silakan kamu pilih menu yang sesuai dengan paket yang kamu gunakan/yang ingin kamu cek kuota internetnya
  • Selanjutnya akan muncul informasi mengenai sisa kuota internet paket data yang kamu gunakan.

2. Cek Kuota Axis Melalui SMS

Kadangkala mengecek kuota internet melalui dial phone tidak bisa karena sedang error atau gangguan. Nah, kamu bisa cek kuota AXIS menggunakan cara yang kedua, yaitu melalui SMS. Cara ini juga termasuk sangat mudah dan cepat. Caranya yaitu dengan mengetik SMS dengan format :

Kuota lalu kirim ke 123

Tunggu hingga SMS kamu mendapat balasan dari operator AXIS di nomor yang sama. Jika format yang kamu ketik benar dan tidak terjadi gangguan atau error, kamu akan mendapatkan SMS balasan dengan cepat mengenai sisa kuota internet paket data AXIS yang kamu gunakan.

Cara Cek Kuota Tri (3)


Cara Cek Kuota Tri

1. Cek kuota Tri melalui Dial

Cara cek kuota Tri yang pertama yaitu melalui dial USSD. Cara ini sangat mudah dan bisa cepat dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama-tama dial *111# melalui ponsel kamu lalu tekan Call/Panggil
  • Pada menu selanjutnya pilih menu nomor 4 Cek Kuota Internet dengan mengetik 4 pada dialog box lalu tekan SEND/KIRIM
  • Selanjutnya pilih menu nomor 2 Kuota Data dengan mengetik 2 pada dialog box lalu tekan SEND/KIRIM
  • Pilih menu nomor 1 Cek Kuota dengan mengetik 1 pada dialog box lalu tekan SEND/KIRIM
  • Jika paket kuota internet kamu masa berlakunya 1 bulan, pilih menu nomor 4 Get More lalu tekan SEND/KIRIM
  • Selanjutnya kamu akan menerima informasi mengenai sisa kuota internet Tri melalui SMS dari nomor 234 USSD/ UMB Cepat *111*4*2*1*4#

2. Cek kuota Tri melalui SMS

Cara cek kuota Tri yang kedua yaitu melalui SMS. Biasanya cara ini dilakukan ketika cara dengan dial USSD tidak bisa dilakukan atau sedang sibuk. Cara ceknya cukup dengan mengetik:

Info(spasi)data lalu kirim ke nomor 234

Namun, jika yang kamu cek adalah sisa kuota internet di jaringan 4G, maka formatnya yaitu:

Info(spasi)kuota4G lalu kirim ke 234

Selanjutnya, informasi mengenai sisa kuota internet Tri terakhir kamu akan dikirim melalui SMS dari nomor yang sama.

Cara Cek Kuota Telkomsel


Cara Cek Kuota Telkomsel

1. Cek Kuota Telkomsel dengan Dial UMB

Cara cek kuota Telkomsel yang pertama yaitu bisa melalui dial USSD di hape kamu. Cara ini adalah cara paling umum yang sering digunakan untuk mengetahui informasi apapun seputar paket kartu perdana yang kamu gunakan, termasuk juga untuk mengecek kuota internet. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat mengecek kuota Telkomsel melalui dial :

  • Pertama-tama, dial *888# lalu tekan call/ panggil
  • Setelah akan muncul beberapa menu. Untuk mengecek kuota, pilih nomor 3. Ketik angka 3 pada kolom Reply lalu klik OK
  • Akan muncul beberapa menu lagi. Pilih menu nomor 2 untuk cek kuota internet lalu ketik angka 2 di bagian Dialog Box Reply lalu klik OK
  • Nanti akan muncul informasi pada dialog box bahwa permintaan kamu sedang diproses
  • Setelah berhasil diproses akan muncul informasi melalui SMS dari operator Telkomsel dengan nomor 3636. Semua informasi mengenai paket yang sedang kamu gunakan, sisa kuota, dan masa berlaku paket, informasinya ada semua.

2. Cek Kuota Telkomsel Melalui SMS

Cara cek kuota Telkomsel yang kedua bisa dilakukan melalui melalui SMS. Layanan cek pulsa melalui SMS ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Caranya yaitu cukup dengan kirim SMS dengan format:

UL(spasi)INFO lalu kirim ke nomor 3636

Atau

Flash(spasi)infov2 lalu kirim ke nomor 3636

Setelah tunggu sampai ada balasan dari operator Telkomsel di nomor 3636. Jika permintaan berhasil, akan muncul semua informasi tentang jenis paket yang sedang digunakan, sisa kuota, dan masa berlaku paket.

3. Cek Kuota Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek kuota Telkomsel selanjutnya yaitu melalui aplikasi My Telkomsel. Jika kamu tidak memiliki aplikasinya di kamu, maka kamu harus download dulu aplikasinya di Play Store atau App Store.


Cara downloadnya cukup dengan mengetik keyword MyTelkomsel di kolom pencarian yang berada di bagian atas layar lalu klik install.

Setelah berhasil diinstall di hape kamu, buka aplikasinya. Nanti kamu akan diminta untuk memasukkan nomor Telkomsel yang mau kamu daftarkan. Ikuti langkah-langkah sign-up nya lalu login.

Setelah login aplikasi MyTelkomsel sudah bisa digunakan. Nomor Telkomsel yang kamu daftarkan itulah yang nantinya akan muncul informasinya di MyTelkomsel. Kamu bisa secara otomatis melihat sisa kuota, pulsa, jenis paket, dan lain-lain.

Demikian dari namina tentang Cara Cek Kuota Indosat, XL, AXIS, TRI, dan Telkomsel. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Load comments

Comments