Penyebab dan Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Kenapa blog saya sepi pengunjung? Mungkin itu pertanyaan yang sedang kamu pikiran jika blog milikmu sepi dari kunjungan pengguna internet. Lalu apa sih sebenarnya, faktor yang menyebabkan blog milikmu itu bisa sepi pengunjungnya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Penyebab Blog Anda Sepi Pengunjung


Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Nah untuk menjawab permasalahan yang sedang kamu alami tersebut, kali ini saya selaku admin dari naminakiky.com sudah merangkum beberapa faktor penyebab blog menjadi sepi pengunjung.

1. Blog masih baru


Apabila kamu baru saja membuat sebuah blog dan berharap blog kamu itu langsung saja banyak pengunjungnya maka saran saya hanya satu, silahkan saja kamu bangun dari mimpi indahmu tersebut.

Perlu kamu perhatikan baik-baik dan ingatlah, untuk membuat sebuah blog dengan traffik pengunjung tinggi, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang bertahap alias tidak ada yang instan.

2. Memilih tema blog kurang populer


Memilih tema atau niche blog yang kurang populer bisa mengakibatkan blog kamu sepi pengunjung, kenapa?.

Karena niche yang dipakai pada blog kamu itu bukanlah informasi yang dicari oleh banyak pengguna internet alias sedikit peminatnya, jadi otomatis traffik blog kamu tidak akan seramai blog yang bertema topik terpopuler.

3. Kalah bersaing dengan blog atau website lain


Jika kamu memilih tema blog yang terlalu populer, juga dapat membuat blog kamu menjadi sepi penggunjung dikarenakan blogmu kalah bersaing dengan blog atau website lain yang juga menggunakan tema serupa dengan blogmu.

4. Kurang menguasai topik yang dibahas


Seaindainya kamu kurang menguasai topik yang dibahas di blogmu dan kamu tetap memaksakan diri untuk tetap menggunakannya, tentu hal tersebut membuat blog dan konten kamu kurang berkualitas, karena konten-konten di blogmu dibuat bukan dari hasil pemikiranmu sendiri atau dari pengalaman pribadi.

Dan jalan terakhir yang kemungkinan besar kamu pilih yaitu membuat konten dengan cara menulis ulang hasil membaca dari blog /website lain, atau malahan kamu nekat melakukan copy paste?.

5. Artikel atau konten tidak menarik, tak berisi dan kurang informatif


Ada istilah dikalangan para blogger yang mengatakan bahwa konten adalah raja, semakin bagus konten disebuah blog atau website maka secara otomatis membuat nama blog atau website tersebut semakin baik dan profesional.

Konten yang bagus itulah yang sangat ampuh untuk menarik banyak pengguna internet untuk menggunjungi sebuah blog atau website.

Begitupula sebalinknya, jika disebuah blog atau website memiliki konten yang tidak menarik, tak berisi dan kurang informatif tentu membuat blog tersebut tidak akan ada yang mau mengunjunginya.

6. Blog jarang diupdate dan konten masih sedikit


Jangan berharap blog kamu banyak pengunjungnya jika kamu saja malas untuk mengupdate blog kamu.

Kenapa harus seperti itu, tentu saja apabila kamu tidak rajin memperbarui blog dengan menerbitkan artikel atau postingan baru, maka isi atau konten blog kamu hanya itu-itu saja.

Dan kembali ke poin sebelumnya, bahwa konten adalah raja, jadi dengan konten bagus dan informatif serta jumlahnya harus memadai, menjadikan sebuah blog dapat menarik banyak pengguna internet untuk mengunjungi blog tersebut.

7. Konten blogmu hasil dari Copy Paste


Mungkin kamu berpikir jika blogmu akan banyak penggunjungnya apabila memiliki banyak konten, jadi kamu punya target untuk posting sehari sekali ataupun lebih.

Tapi untuk memenuhi target tersebut kamu merasa kewalahan untuk membuat konten originalmu sendiri sehinga kamu memutuskan untuk copy paste/menjiplak tulisan atau artikel orang lain.

Perlu kamu ketahui bahwa perilaku seperti itu merupakan kesalahan fatal.
Kenapa saya bilang fatal?, alasannya adalah perilaku tersebut membuat blogmu menjadi buruk penilaiannya menurut penggunjung apabila mereka menyadari konten di blogmu sama persis dengan blog atau website lain dan hal tersebut membuat mereka tak akan kembali lagi menggunjungi blogmu apapun alasannya.

8. Blogmu menjadi korban pencurian artikel


Jika blogmu menjadi korban pencurian artikel/konten alias di copy paste oleh orang, tentu hal seperti ini sangat merugikan dan salah satu akibatnya blog kamu akan menurun dari segi traffik.

Kenapa pengunjung bisa menurun jumlahnya jika konten blog di copypaste oleh orang lain?.

Penyebabnya adalah konten milik si pelaku pencurian yang dibuat berkat mencuri dari blogmu lebih sering dikunjungi dan dibaca penguna internet, mungkin hal tersebut terjadi diakibatkan oleh konten atau blognya muncul di halaman pertama sementara konten dan blogmu tidak.

Jadi yang seharusnya penggunjung mengunjungi dan membaca blogmu menjadi teralihkan ke blog si pencuri tersebut karena kontenya yang sama akan tetapi konten dia lebih mudah ditemukan.

9. Blog dan konten milikmu kurang SEO


SEO (Search Engine Optimiztation/Optimasi mesin pencari) merupakan sebuah ilmu didunia blogging yang cukup penting.

Jika kamu tidak mempelajarinya dan menerapkannya pada blog dan konten buatanmu, maka blog kamu bisa dipastikan akan sepi pengunjung.

Kenapa bisa demikian?, karena tanpa teknik SEO membuat blog dan konten punyamu itu menjadi susah ditemukan oleh mesin pencarian, sehingga mesin pencarian tidak bisa merekomendasikan konten di blogmu tersebut untuk dibaca oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi didunia maya.

10. Blog jarang dipromosikan


Mempromosikan blogmu sama saja dengan kamu memperkenalkan blog kamu itu ke mata umum agar mereka tau bahwa blog milikmu itu ada didunia ini.

Nah kalau kamu saja jarang mempromosikan blog milikmu maka jangan berharap blogmu banyak yang mengunjungi.

11. Kamu tidak mensubmit konten blogmu ke Google Webmaster Tools serta Bing Google Webmaster Tools


Dengan mensubmit konten blogmu ke dua tempat, yaitu Google dan Bing Webmaster Tools menjadikan konten blogmu semakin mudah ditemukan oleh kedua mesin pencarian tersebut.

Apabila tidak, tentu blog kamu akan sulit ditemukan dan pengunjung blogmu tidak akan mengalami peningkatan.

12. Tampilan atau desain blog kurang rapi


Tampilan atau desain blog kamu kurang rapi, hal ini tentu saja membuat penggunjung blog kamu merasa tidak nyaman saat mengakses segala informasi di blogmu dan pastinya juga, menjadikan mereka pergi dan tak mau kembali lagi untuk menggunjungi blog kamu.

13. Loading halaman blog lambat


Perlu diketahui, bahwa semua orang selalu ingin mengkonsumsi segala bentuk informasi yang terdapat di dunia maya dengan sangat cepat.

Nah saat halaman di blog kamu dimuat dan ternyata super lelet, maka kejadian seperti itu benar-benar menjengkelkan bagi penguna internet yang sedang berkunjung di blog kamu.

Dengan peristiwa tersebut juga, kemungkinan besar membuat pengguna internet tersebut akan langsung menutup halaman blogmu bukan?, dan tentunya kejadian seperti itu membuatmu kehilangan seorang pengunjung.

Dan satu lagi, blog yang loadingnya lambat akan diangap buruk di mata mesin pencarian, jadi blog maupun konten kamu akan sulit muncul di halaman pertama.

Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung


Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Dan tak lupa, saya juga akan memberikan tips Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung.

1. Gunakan nama blog dan domain dengan kata kunci (Keyword)


Sebelumnya saya ingatkan, langkah satu ini lebih baik diterapkan jika blog dan postingan kamu belum terlalu banyak yang terdeteksi oleh mesin pencarian.

Seaindainya kamu menganti nama blog dan domain dengan keywoard yang dituju, saat blog dan postingan kamu sudah banyak yang terdeteksi di mesin pencaraian maka sangat sayang sekali.

Lalu, Tujuan dan manfaat megunakan nama blog dan domain dengan kata kunci (keywoard) apa?, tujuannya adalah agar blog kamu lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian.

Serta manfaat lain yang bisa kamu peroleh yaitu blog dan postingan kamu lebih besar kemungkinannya ditampilkan di halaman pertama (Page one) oleh mesin pencarian apabila ada pengunjung yang mencari informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu pakai. Hal itu berarti, ada kesempatan pula blog mu dikunjungi oleh lebih banyak orang.

Jadi, Bagaimana cara memilih nama blog dan domain sesuai kata kunci yang baik?, Begini caranya.

Sebagai contoh, jika niche blog kamu adalah tentang informasi game, kamu bisa memberi nama blog kamu dengan sebutan "Namina Game" dan mengunakan domain "naminagame.blogspot.com" atau "www.namina_game.com".

2. Gunakan template blog yang SEO Friendly


Kenapa saya menyarankan kamu untuk mengunakan template SEO Friendly?, dengan memakai template blog yang Seo Friendly, tujuannya adalah untuk membantu blog dan semua postingan kamu agar lebih mudah ditemukan di mesin pencarian milik Google, Yahoo ataupun Bing.

3. Buat artikel berkualitas


Artikel berkualitas merupakan senjata paling ampuh dalam mendatangkan banyak pengunjung ke blog.

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas itu? caranya seperti ini :

  • Sebelum menulis alangkah baiknya kamu riset kata kunci terlebih dahulu, tujuannya agar kamu tau pesaingmu yang menggunakan kata kunci tersebut.
  • (Saran saya: lebih baik pilih kata kunci yang memiliki sedikit pesaing, tujuannya agar pada nantinya tulisanmu lebih mudah bersaingnya)
  • Buatlah judul yang menarik klik pembaca, tapi jangan lupa untuk menyertakan kata kunci yang dituju.
  • Mulailah menulis, tuangkan opini dan segala macam pengetauan yang kamu miliki agar tulisannmu semakin baik.
  • Masukan gambar, grafik ataupun video jika perlu.
  • Masukan atribut Alt pada gambar.
  • Optimalkan permalink
  • Tempatkan keywoard dalam artikel
  • Optimasi meta description
  • Gunakan Internal dan external linking

Itu poin-poin dasar membuat artikel berkualitas, mungkin ini kurang menjelaskan bagaimana cara membuat artikel berkualitas. Maka dari itu saya akan menjelaskannya secara detail lagi di artikel yang lain

4. Submit blog ke Google dan Bing Webmaster


Mensubmit blog kamu ke Google dan Bing Webmaster, merupakan salah satu cara agar mesin pencarian milik Google dan Bing mudah menemukan blogmu di dunia maya.

Apabila blog kamu mudah ditemukan saat dicari di mesin pencarian, itu membuka peluang bagi blogmu untuk dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung.

5. Membangun backlink berkualitas


Apa itu backlink?, backlink adalah link yang mengarah ke suatu situs/blog yang bersumber dari situs/blog luar selain blog tersebut.

Pentingkah membangun backlink dalam suatu blog?, jawabannya sangatlah penting, kenapa?, karena jumlah baclink disuatu blog dapat membantu blog tersebut memiliki peringkat SERP mesin pencari yang lebih bagus atau baik.

Dengan kata lain, jika blog kamu memiliki banyak backlink berkualitas, dapat membuat blogmu muncul dihalaman pertama mesin pencarian, hal itu juga bisa berimbas dengan meningkatnnya jumlah pengunjung blog kamu bukan.

Kemudian, bagaimana membangun backlink yang berkualitas itu?, setidaknya ada 5 cara yang saya ketahui, yaitu :

A. Bagikan postingan blogmu ke sosial media

Membagikan postingan blogmu ke sosial media merupakan cara memperkenalkan blogmu kepada orang-orang bahwa blogmu itu ada,

Jika semakin banyak orang yang tau tentang blogmu, maka, ada kemungkinan mereka untuk berkunjung ke blogmu semakin besar pula dan apabila hal itu benar terjadi, otomatis pengunjung blogmu bisa bertambah bukan.

Setidaknya ada 3 sosial media paling saya rekomendasikan untuk kamu gunakan dalam mempromosikan blog, yaitu Facebook, Twitter, Google plus.

B. Aktiflah di forum atau komunitas yang sesuai topik blog

Aktif di sebuah forum atau komunitas yang berhubungan dengan topik blogmu merupakan cara terjitu dalam mendatangkan pengunjung.

Apa benar bisa? jelas bisa, begini caranya mendatangkan pengunujung dari forum atau komunitas ke blog!

Forum atau komunitas itu merupakan tempat untuk berdiskusi dan tanya jawab, pasti ada kalanya beberapa orang bertanya tentang suatu masalah, nah jika itu terjadi dan kamu memiliki postingan blog yang bisa menjawab dan memecahkan masalah tersebut.

Silahkan saja sarankan orang tersebut untuk membaca postingamu, dengan begitu kamu akan mendapatkan pengunjung tambahan.

C. Lakukan BW (Blog Walking)

Blog walking merupakan suatu tindakan dimana seseorang berkunjung ke blog lain dan kemudian meninggalkan sebuah komentar.

Nah, cara ini harus kamu lakukan agar kamu mendapatkan backlink, akan tetapi saya tidak menganjurkan kamu melakukan BW yang kearah spam, seperti menaruh url/link blogmu sebanyak banyaknya di kolom komentar blog orang lain, karena itu sebuah sesalahan fatal.

Bagaimana cara melakukan Blog Walking yang baik dan benar?

Caranya adalah, silahkan kunjungi sebuah blog yang topik nichenya sama dengan blomu, sebelumnya pastikan bahwa blog tersebut memiliki reputasi baik dan memiliki trafik tinggi.

Lalu, saat ada postingan di blog tersebut yang informasinya dirasa kurang lengkap, lalu kamu berkomentarlah dan rekomendasikan pemilik dan pembaca blog tersebut untuk membaca artikelmu yang informasinya lebih lengkap dengan meletakan url link postingan yang dimaksud.

Akan tetapi, usahakan jangan sampai perilakumu itu membuat pemilik dan pembaca blog itu merasa tersingung dan tergangu, jadi gunakanlah kosa kata yang baik, sopan dan santun saat berkomentar.

D. Promosikan blog kamu di iklan berbayar seperti Adwords atau Facebook Ads

Dengan memasang iklan di Adwords dan Facebook Ads pengunjung blogmu dijamin akan bertambah, karena kita semua tau jika media iklan dtersebut akan menampilkan iklan di media yang penggunanya cukup banyak yaitu situs pencarian Google dan media sosial Facebook.

E. Menjadi penulis tamu di blog, website, situs lain (Guest Writer)

Seaindainya kamu tidak mau mengeluarkan pundi-pundi uang untuk mempromosikan blogmu di iklan berbayar semacam Adwords dan Facebook Ads, alternatifnya adalah dengan menjadi penulis tamu di situs/website yang menyediakan ruang bagi Guest Writter.

Jika kamu tidak tau situs dan website mana yang memberikan kesempatan bagi penulis tamu untuk unuk menyumbangkan karya tulisnya, silahkan saja baca postingan saya tentang 11 Situs Indonesia yang Terbukti Membayar Mahal Penulis arikel.

Lalu, apa sih keuntungan menjadi penulis tamu?

Dengan menjadi penulis tamu di media lain, cara ini secara tidak langsung mempromosikan blogmu lho!, kok bisa?, bisa dong, begini penjelasannya.

Saat kamu menjadi penulis tamu di suatu media dan tulisanmu diterbitkan di media tersebut, pastinya profil dan deskripsi tentangmu akan di tampilkan juga kan.

Jadi di bagian deskripsi tentangmu, kamu bisa menuliskan alamat blogmu, maka saat ada pengunjung yang membaca tulisanmu di media tersebut kemungkinan besar pengunjung itu untuk melihat alamat blogmu semakin besar, terus ada kemungkinan juga, mereka mau mengunjungi blogmu seaindainya mereka tertarik.

6. Maksimalkan E-mail marketing


Apa itu Email marketing?. E-mail marketing adalah kegiatan mengirimkan email langsung ke inbox subscriber ketika ada artikel baru.

Nah, saya rasa kamu harus menerapkan teknik ini agar mendapatkan beberapa pengunjung tambahan.

Caranya adalah dengan mendaftarkan diri ke platform yang melayani E-mail marketing terbaik dan gratis milik Google yaitu FeedBurner, lalu memasangkan gadged Subscribenya di blogmu.

Saat ada pengunjung blogmu yang mensubscribenya lewat gadeg itu, maka secara otomatis, postingan terbaru dari blogmu akan dibagikan ke email-email pengunjung yang sudah mengsubscribe blogmu tersebut.

7. Ajak semua keluarga dan temanmu untuk membaca postinganmu dan membagikannya


Saat kamu memiliki postingan baru ajak semua keluarga dan teman-temanmu untuk membacanya serta jangan lupa untuk menyuruh mereka membagikannya lewat akun sosial media masing-masing.

Demikian artikel dari Namina tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung, semoga bermanfaat.

Related Posts

Load comments

Comments