Cara Mengatasi Headset Bunyi Sebelah di Windows

Pernahkah kamu mengalami headset mati sebelah / headset bunyi sebelah saat mendengar lagu atau menonton video di laptop / PC Windows? Ada yang headsetnya mati di sebelah kiri, tetapi ada pula yang mati di sebelah kanan.

Cara Mengatasi Headset Bunyi Sebelah di Windows

Jangan buru-buru menyimpulkan headset tersebut rusak atau ada masalah di laptop kamu. Bisa jadi permasalahan hanya ada di konten yang sedang kamu dengarkan. Jika inilah yang menjadi penyebab kenapa headset / headphone / speaker kamu bunyi sebelah, maka dengan cara ini kamu bisa mengatasinya.

Pengguna Windows 10


Bagi kamu pengguna Windows 10, kamu bisa dengan mudah mengatur output audio Windows menjadi mono melalui Settings > Ease of Access > Other Options > dan pada Audio Options, ubah opsi menjadi On.

Dengan begitu Windows akan mengubah output audio yang sebelumnya stereo menjadi mono, sehingga headset kamu yang sebelumnya cuma terdengar sebelah bakal terdengar normal dan bunyi dua-duanya.

Pengguna Windows 7 / 8


Sedangkan bagi kamu pengguna Windows 7 / 8, tidak ada setting yang disediakan seperti di Windows 10. Kamu harus menginstall aplikasi pihak ketiga yaitu VoiceMeeter.

Download VoiceMeeter di sini


Setelah itu install, dan sesudah proses instalasi kamu akan diminta restart PC terlebih dahulu.

Setelah itu pastikan VoiceMeeter menjadi default playback audio di Windows kamu, dengan cara klik kanan audio dari System Tray > Playback devices

Pastikan VoiceMeeter Input menjadi default playback device — jika belum, klik kanan dan Set as Default device.

Setelah itu buka VoiceMeeter, dan pada panel Hardware Out, pilih output hardware di A1 atau A2, misalnya saja headset. Setelah itu klik Mono hingga aktif menyala.

Selesai

Dengan cara tersebut masalah headset bunyi sebelah ataupun headset mati sebelah di laptop / PC Windows bakal teratasi. Tentu saja cara ini tidak berlaku jika ternyata memang ada kerusakan di headset kamu, tetapi dalam banyak kasus headset yang bunyi / mati sebelah memang disebabkan oleh permasalahan di audio konten tersebut.

Tentu saja kamu bisa mengembalikannya menjadi stereo lagi untuk konten dengan audio stereo yang normal dan tanpa masalah.

Related Posts

Load comments

Comments