Kecanggihan Smartphone Xiaomi Mi Note 3

Xiaomi memang dikenal sebagai salah satu vendor smartphone yang sangat aktif dalam persaingan pasar smartphone global. Hal ini terlihat dari tingginya frekuensi vendor smartphone asal Tiongkok ini dalam merilis produk-produk terbarunya ke pasaran di berbagai segmen, yang terbaru Xiaomi dikabarkan telah merilis smartphone flagship terbarunya yang diberi nama Xiaomi Mi Note 3 pada bulan September lalu.

Kecanggihan Smartphone Xiaomi Mi Note 3

Dan seperti yang bisa ditebak, ini merupakan generasi penerus dari Xiaomi Mi Note 2 yang telah dirilis sebelumnya di segmen menengah ke atas. Sama seperti smartphone-smartphone next generation pada umumnya, Xiaomi Mi Note 3 juga pasti sudah dibekali dengan berbagai spesifikasi komponen dan fitur yang lebih canggih dan menarik tentunya.

Sementara itu berbicara mengenai persaingan, smartphone ini diperkirakan akan bersaing ketat dengan smartphone flagship canggih dari Samsung yaitu Samsung Galaxy S8, selain itu Xiaomi Mi Note 3 juga akan mendapatkan tantangan dari saudaranya sendiri yakni Xiaomi Mi 6. Nah, untuk memperkirakan akan seperti apa kiprah dari smartphone ini, mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut.

Build Quality


Dari segi bodi, nampaknya smartphone ini benar-benar menjadi ancaman serius bagi smartphone-smartphone flagship kelas atas seperti Samsung Galaxy S8. Pasalnya Xiaomi Mi Note 3 sendiri telah dibekali dengan konsep desain bodi yang luar biasa dan tentunya menggunakan bodi full metal. Sedangkan dimensinya sendiri juga sudah cukup pas dengan sedikit memanjang. Detailnya yaitu, 152.6 x 74 x 7.6 mm dengan berat mencapai 163 gram.

Sedangkan di sisi samping smartphone, Xiaomi juga telah membekali produknya kali ini dengan port USB berkualitas yaitu menggunakan Type C dan seperti smartphone pada umumnya, Xiaomi Mi Note 3 sudah menyediakan dual slot SIM untuk mendukung jaringan telekomunikasi ponsel.

Sensor


Di bagian sensor, nampaknya Xiaomi Mi Note 3 masih memiliki sensor yang sama seperti smartphone pada umumnya, diantaranya ada gyro, accelerometer, proximity, compass, barometer, dan fingerprint yang memiliki akurasi dan responsibilitas sangat tinggi.

Display


Berlanjut ke sisi layar. Sebagai smartphone flagship, tentunya Xiaomi Mi Note 3 telah dibekali dengan layar berkualitas yang beresolusi tinggi. Menurut informasi, smartphone ini akan mengusung layar seluas 5,5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixels) dengan teknologi Super AMOLED capacitive LCD tentunya.

Selain itu pelindung Corning Gorilla Glass juga dikabarkan akan melapisi layar Xiaomi Mi Note 3 dari goresan dan benturan ringan.

Konektivitas


Berbicara mengenai konektivitas, pastinya Xiaomi Mi Note 3 sudah mendukung jaringan-jaringan tercepat saat ini mulai dari 2G GSM, 3G HDSPA, hingga 4G LTE yang diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 150 Mbps.

Sedangkan untuk fitur-fitur transfer file, dan sebagainya, smartphone ini memiliki Bluetooth v4.2, A2DP, LE, GLONASS, BDS, A-GPS, Wi-Fi 802.11, Wi-Fi direct, dan juga hotspot.

Processor


Beralih ke sektor dapur pacu. Untuk memberikan performa maksimal berkecepatan tinggi, Xiaomi telah membekali smartphone terbarunya ini dengan prosessor kelas atas. Di bagian ini Xiaomi Mi Note 3 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang dikombinasikann dengan CPU Octa-Core berkecepatan 2.2 GHz.

Dengan prosessor tersebut, Xiaomi Mi Note 3 diperkirakan dapat dengan mudah menjalankan game-game 3D dengan lancar tanpa gangguan. Sementara itu untuk sistem operasinya sendiri smartphone terbaru dari Xiaomi ini telah menggunakan Android Nougat v7.0.

Memory


Sebagai smartphone yang hadir untuk menyasar pasar kalangan atas, tentunya Xiaomi Mi Note 3 telah dibekali dengan kapasitas memori yang luar biasa. Untuk memori internalnya sendiri smartphone terbaru asal Tiongkok ini menyediakan dua versi dimana versi pertama berkapasitas 64 GB dan versi kedua 128 GB. Oleh karena luasnya kapasitas memori internal smartphone ini, maka Xiaomi tidak lagi menyediakan slot micro SD di dalamnya.

Tak kalah lapangnya dengan memori internal, RAM milik Xiaomi Mi Note 3 juga tergolong sangat besar, total smartphone ini memiliki 6 GB RAM yang siap menopang kinerja dari dapur pacu.

Battery


Untuk menyuplai daya pada seluruh komponen smartphone, Xiaomi membekali produknya kali ini dengan baterai berdaya lumayan besar, smartphone ini akan menggunakan baterai jenis Li-ion 3.500 mAh lengkap dengan fitur Quick Charge 4.0.

Setup Kamera


Di sektor fotografi, smartphone ini telah dibekali dengan lensa kamera berkualitas tinggi. Di bagian belakang, Xiaomi Mi Note 3 sudah menerapkan teknologi Dual camera yang sedang booming akhir-akhir ini. Masing-masing kamera tersebut sama-sama memiliki resolusi 12 MP serta memiliki banyak fitur penunjang seperti dual LED Flash, Geo-tagging, touch focus, autofocus, HDR, panorama, face detection, dan lain-lain.

Sementara itu tak kalah dengan bagian belakangnya, kamera depan smartphone ini juga memiliki resolusi yang amat tinggi, kamera depan Xiaomi Mi Note 3 memiliki resolusi 16 MP.

Kelebihan Xiaomi Mi Note 3


  • Desain premium dengan konsep bezelless dan bodi full metal
  • Support 4G LTE
  • Dual Camera @12 MP dan kamera depan 16 MP
  • Memori internal 64/128 GB
  • RAM 6 GB
  • Layar Super AMOLED 1080 x 1920 pixels
  • Qualcomm Snapdragon 660
  • Menggunakan Android Nougat v7.0
  • Baterai 3.500 mAh + Quick Charge 4.0.

Kekurangan Xiaomi Mi Note 3


  • Baterai non removable
  • Tidak ada slot memori eksternal.

Harga Xiaomi Mi Note 3


Hingga kini, di negara asalnya, Xiaomi Mi Note 3 dijual dengan harga 6 jutaan. Dengan fitur terbaru seperti setup dual camera bagian belakang, yang masing-masing 12 MP serta embel-embel Type-C pada bagian interfacenya, pun masih banyak fitur unggulan lainnya, kami rasa dengan harga segitu, smartphone Xiaomi Mi Note 3 ini sangat worth it.

StatusDirilis September 2017
HargaRp5-6 jutaan
Bodi152,6 x 74 x 7,6 mm, 163 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 660 octa-core 2,2 GHz
GPUAdreno 512
RAM6 GB
Storage64/128 GB
LayarIPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
KameraBelakang: 12 MP+12 MP & Depan 16 MP
Baterai3.500 mAh (Quick Charge 4.0)
Sistem OperasiMIUI 9 (Android 7.1)
JaringanDual-SIM 4G
KonektivitasWiFi, Bluetooth, GPS, NFC
InterfaceUSB type-C
SensorFingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, infrared, barometer