Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Banyak diantara kita yang berkerja larut hingga malam di depan komputer atau laptop, bahkan sampai ketiduran di depan PC (Personal Computer) dan lupa mematikan komputer atau laptopnya. Hal ini memang tidak begitu bermasalah jika terjadi hanya sekali atau tidak terlalu sering, namun jika ini sering terjadi setiap hari tentu bisa merusak pada komputer dan laptop Anda, oleh karena itu kita perlu mengaktifkan timer shutdown di pc agar bisa otomatis shutdown dengan waktu yang sudah kita tentukan.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Fitur atau tools ini hanya ada pada OS (Operating System) Windows, tapi mungkin ada juga pada sistem operasi lainnya. Tools timer shutdown ini bisa kita gunakan untuk mematikan komputer atau laptop pada jangka waktu yang telah kita tentukan dalam satuan detik, jadi jika Anda ingin shut down komputer Anda pada 1 jam mendatang Anda harus menghitung detiknya 60 detik x 60 menit.

Bagaimana jika kita salah mengatur waktunya dan ingin membatalkan shutdown otomatis ini? Tenang saja, kita juga dapat membatalkan perintah shutdown otomatis dan mengatur waktunya kembali. Cara ini lebih praktis dan simpel karena tidak perlu software tambahan untuk di instal pada PC Anda. Nah, bagi yang ingin tahu caranya silahkan baca dibawah ini.

1. Cara Shutdown Komputer Melalui CMD


Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mematikan/shutdown/log off/turn off komputer atau laptop Anda, salah satunya yaitu dengan menggunakan CMD. Caranya sebagai berikut :

1. Klik tombol Start
2. Ketik CMD lalu Enter
3. Lalu pada CMD ketikan perintah berikut.

shutdown -f -s -t 3600

4. Lalu tekan Enter
5. Kemudian akan muncul notifikasi atau pemberitahuan bahwa koputer atau laptop akan dimatikan dalam jangka waktu tersebut, seperti gambar dibawah ini. Silahkan di close atau abaikan saja.

2. Cara Shutdown Komputer Melalui Windows Run


Caranya hampir sama dengan yang pertama, cuman dengan cara ini kita tidak perlu membuka CMD terlebih dahulu, kita hanya perlu menekan tombol windows yang ada pada keyboard Anda dan tombol R secara bersamaan. Tentu cara ini lebih praktis dan mudah. Langsung saja baca dibawah ini tutorialnya :

1. Tekan tombol atau logo Windows + R secara bersamaan
2. Kemudian akan muncul kotak kecil seperti gambar dibawah ini

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

3. Masukkan perintah seperti ini.

shutdown -f -s -t 3600

4. Lalu tekan Enter atau klik Ok.

3. Bagaimana Cara Membatalkan Perintah Shutdown


Mungkin Anda ingin membatalkan perintah shutdown karena beberapa alasan tertentu misalnya salah mengatur waktu shutdown, hal ini bisa kita atasi dengan membatalkan perintah shutdown di komputer dan mengatur kembali jadwal waktu yang sudah Anda tentukan. Caranya sebagai berikut.

1. Silahkan buka kembali CMD atau Windows Run
2. Masukkan perintah berikut.

shutdown -a

3. Lalu tekan Enter atau klik Ok.

Keterangan

  • f adalah force yang berfungsi memaksa keluar aplikasi yang masih berjalan.
  • s adalah perintah untuk shutdown/mematikan/logoff/turn off koputer atau laptop.
  • t adalah timer atau waktu yang ditentukan oleh Anda.
  • a adalah perintah untuk membatalkan perintah shutdown.
  • 3600 adalah lamanya waktu komputer/laptop dalam keadaan on/hidup, ini dalam satuan detik (3600 detik : 60 detik = 60 menit) jadi 1 jam lagi komputer/laptop tersebut akan mati atau shutdown otomatis.

Tested on

  • Windows 10
  • Windows 8
  • Windows 7

Itulah beberapa cara untuk mematikan komputer secara otomatis di windows, tentu masih ada cara lain untuk melakukan shutdown secara otomatis seperti mengatur jadwal turn off pada task manager tapi cara ini lebih ribet dibandingkan cara yang saya tulis diatas.

Mematikan Komputer Secara Otomatis di Linux


Untuk pengguna linux silahkan Anda coba perintah berikut ini di terminal.

sudo shutdown -h +60

atau

sudo shutdown -h 12:00

Keterangan

  • -h adalah halt yang berfungsi untuk melakukan perintah shutdown
  • +60 adalah waktu yang ditentukan dalam satuan menit, artinya PC akan otomatis shutdown setelah 60 menit.
  • 12:00 adalah waktu yang sudah ditentukan, waktu ini menyesuaikan dengan waktu yang ada pada PC Anda, jika perintah shutdown dilakukan pada jam 10:00 maka pada jam 12:00 akan otomatis shutdown.

Jangan menutup/close terminal yang sedang menjalankan perintah ini.

Related Posts

Load comments

Comments