Cara Membuat Blog di WordPress

Membuat sebuah blog pada WordPress terbilang cukup mudah, dan tidak butuh waktu yang lama. Kita hanya membutuhkan beberapa langkah mudah untuk membuat blog di WordPress.

Cara Membuat Blog di WordPress

WordPress sendiri adalah penyedia layanan bloging, sama sepeti Blogger milik Google. Bedanya, pada WordPress kita bisa menggunakan custom domain yang mereka telah sediakan. Jadi kita tidak perlu membeli domain dari penyedia domain lainnya. Membuat blog di Worpress sendiri bisa menggunakan layanan gratis ataupun yang berbayar.

Untuk lebih jelasnya mari kita praktikan langsung langkah-langkah membuat blog melalui WordPress.

1. Buka halaman WordPress


Cara membuat blog di WordPress yang pertama kita harus membuka halaman situs wordpress.com atau id.wordpress.com.

2. Buat website


Cara Membuat Blog di WordPress

Apabila halaman situs WordPress sudah terbuka, maka kita bisa klik tombol Mulai. Biasanya yang muncul adalah tombol Buat Situs.

3. Tentukan desain blog


Cara Membuat Blog di WordPress

Setelah itu, cara membuat blog di WordPress selanjutnya adalah menentukan desain blog.

4. Pilih tema blog


Cara Membuat Blog di WordPress

Apabila kita telah menentukan desain blog, maka selanjutnya kita harus memilih tema blog yang telah disediakan oleh WordPress secara gratis.

5. Membuat domain situs


Cara Membuat Blog di WordPress

Selanjutnya kita harus membuat domain situs dari blog kita, dengan cara mengetikan nama situs yang kita inginkan pada kolom.

6. Tentukan status layanan gratis


Cara Membuat Blog di WordPress

Kemudian kita harus menentukan status layanan, silahkan pilih yang gratis. Namun pada layanan gratis, kita tidak bisa menikmati semua fitur secara keseluruhan, hanya fitur gratis saja yang bisa kita gunakan.

7. Buat akun WordPress


Cara Membuat Blog di WordPress

Langkah dalam membuat blog di WordPress berikutnya, kita harus membuat akun WordPress terlebih dahulu. Dengan memasukan alamat email, username dan password.

8 Konfirmasi alamat email


Cara Membuat Blog di WordPress

Apabila kita telah mengisi data yang tadi diminta, maka WordPress akan mengirimkan link konfirmasi ke email kita. Selanjutnya kita harus mengkonfirmasi akun kita, dengan mengklik link yang telah dikirimkan ke email kita.

Setelah semua langkah di atas kita lakukan, maka kita telah berhasil membuat blog di WordPress menggunakan layanan gratis. Sekarang kita bisa membuat postingan atau konten artikel, yang ingin ktia bagikan kepada pengunjung nantinya.

Jika Anda sedang mencari web hosting terbaik untuk membuat website kecil atau besar, bisnis atau blog pribadi? Tidak perlu bingung, Hostinger siap memenuhi kebutuhan Anda dengan Web hosting unlimited.

Hostinger adalah penyedia layanan web hosting yang sudah terverifikasi di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang berdiri pada tahun 2004 dengan dana pribadi, dan kini sudah memiliki 29 juta pengguna dari lebih 150 negara, termasuk Indonesia.

Bukan hanya unlimited, Hostinger juga menyediakan nama domain gratis, gratis SSL, Website Builder, server berkecepatan tinggi dan tentunya harga yang terjangkau.

Hostinger menawarkan 4 layanan utama, di antaranya: Web Hosting Terbaik, VPS Murah Indonesia, Domain Murah dan Website Builder.

Hostinger masuk sebagai salah satu penyedia web hosting terbaik di Indonesia. Hostinger menawarkan harga yang murah namun tentu saja bukan murahan. Meski harganya murah, Hostinger justru memberikan hosting berkualitas kelas premium yang dilengkapi dengan MySQL, FTP dan PHP.

Berikut ini paket-paket hosting yang ditawarkan Hostinger dengan harga murah unlimited dengan fitur premium, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

Cara Membuat Blog di WordPress

Selain itu, Hostinger menyediakan layanan hosting gratis khusus bagi pemula. Untuk Blogger, tentu saja hosting gratis ini sangat berguna untuk sekedar menyimpan file-file js pihak ketiga untuk optimasi blog.

Jadi, mulai sekarang segera buat akun di Hostinger. Membuat akun hosting di Hostinger sangatlah cepat, pelanggan bisa langsung mengaktifkan dan menggunakan akun tanpa penundaan. Buat akun Anda dan ikuti prosesnya. Setelah itu, Anda siap untuk log in dan mulai mengelola akun hosting Anda sekarang juga.

Apabila kita membuat blog di WordPress dengan layanan yang gratis, maka kita hanya bisa menggunakan tema gratis yang tersedia. Namun jika kita ingin menggunakan jenis tema yang berbayar, kita harus mengupgrade akun menjadi premium.