Cara Promosi Blog Agar Banyak Pengunjung

Ada banyak blogger yang besar di luar sana yang tak seorang pun pernah mendengar tentang mereka, hanya karena mereka tidak tahu bagaimana cara mempromosikannya, atau mungkin tidak ingin mempromosikan blog mereka.

Cara Promosi Blog Agar Banyak Pengunjung

Inti yang paling penting tentang promosi blog adalah Anda jangan malu memberitahu orang-orang tentang blog Anda.

Banyak blogger yang tidak mempromosikan blog mereka hanya karena mereka tidak merasa itu layak untuk dipromosikan.

Jangan lakukan ini jika Anda telah masuk ke dunia blogging, maka Anda perlu memberitahu orang-orang tentang blog anda dengan melakukan promosi blog agar banyak pengungjung yang mengujungi blog Anda. Banggalah dengan pekerjaan yang sedang anda jalani saat ini.

Jadi, bagaimana Anda dapat mempromosikan blog agar banyak pengunjung? Nah, ternyata metode yang paling efektif adalah dengan cara promosi gratis tapi bisa mendatangkan pengunjung blog yang banyak. Berikut tips nya.

1. Email Marketing


Banyak tips bagaimana cara mendatangkan pengunjung baru untuk blog Anda. Tetapi sebenarnya Anda tidak hanya perlu pengunjung baru, Anda juga harus menjaga agar pembaca yang pertama kali datang bisa kembali lagi berkunjung ke blog anda.

Di sinilah email marketing memiliki peran yang cukup besar. Dengan mengumpulkan alamat email dari pengunjung Anda (tentu saja dengan izin mereka), maka Anda dapat memberitahu mereka ketika Anda memposting sesuatu yang baru di blog Anda.

Hal ini membuat orang datang kembali mengunjungi ke blog Anda, yang tidak hanya memberikan Anda lebih banyak pembaca dari waktu ke waktu, juga memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pembaca Anda.

2. Jejaring Sosial


Saya yakin anda pasti sudah mempunyai akun Facebook, dan bahkan mungkin akun Twitter juga. Jadi, ketika Anda memposting sesuatu di blog Anda, pastikan bahwa Anda juga memposting link posting blog Anda di akun sosial media Anda.

Hal ini juga membantu untuk terhubung dengan orang lain yang tertarik dalam topik Anda. Kirim permintaan teman untuk blogger top di niche Anda dan pastikan untuk mengikuti mereka di Twitter juga.

Anda mungkin akan terkejut melihat betapa banyak orang yang akan menemukan posting Anda yang menarik dan kemudian berbagi link dengan teman-teman mereka sehingga akan berdampak mendatangkan pengunjung yang banyak bagi blog Anda.

3. Komentar di Blog Lain (Blogwalking)


Anda dapat memberikan komentar dibanyak blog yang mempunyai topik yang sama dengan blog anda dengan mencantumkan link artikel blog anda di komentar tersebut sehingga akan mendatangkan pengunjung ke blog anda nanting.

Jika Anda memberikan komentar yang bermanfaat pada blog yang terkait dengan topik Anda, berarti Anda telah memberikan informasi kepada orang-orang yang tertarik dengan topik Anda. Dampaknya mereka bisa mengunjungi blog Anda juga.

Ingat! Jangan pernah menyalahgunakan metode ini.

Jika Anda meninggalkan komentar yang tidak bermanfaat atau hanya membuat spam saja maka ini akan berdampak merugikan blog Anda sendiri. Selain itu, komentar berkualitas buruk kemungkinan akan dihapus oleh pemilik blog.

Jika Anda membuat komentar yang bermanfaat, orang lebih cenderung untuk mengunjungi situs Anda, karena mereka ingin mendengar lebih banyak tentang apa yang harus Anda katakan pada topik tersebut.

4. Link ke Blog Lain


Salah satu ide terbaik untuk menulis postingan blog adalah menulis respon terhadap postingan dari blog lain. Ini bisa menjadi sebuah postingan blog Anda yang tidak setuju dengan blog lain tersebut, atau topik artikel blog Anda memiliki sesuatu yang berbeda atau nilai tambah dari blog orang orang yang anda berikan responnya.

Ketika Anda melakukan ini, pastikan untuk me-link an blog Anda kepada blog yang anda tanggapi. Pada kebanyakan blog, hal ini menciptakan apa yang dikenal sebagai "trackback".

Dengan Trackback, blog orang yang anda beri respon akan otomatis terkait dengan postingan link ke blog Anda. Ini berarti bahwa siapa pun yang membaca posting blog orang yang anda beri respon maka mereka juga akan melihat link ke blog Anda, dan berharap mengklik link tersebut di atasnya untuk mengunjungi postingan situs Anda.

5. Tamu


Cara lain untuk mendatangkan banyak pengunjung blog adalah menulis di postingan "tamu". Untuk menulis postingan tamu Anda hanya perlu menghubungi pemilik blog lain dan menawarkan untuk menulis postingan untuk situs mereka.

Tidak semua blogger yang terbuka untuk ide ini, tetapi jika Anda dapat menemukan beberapa ide yang sangat besar bagi semua orang.

Anda dapat memberikan mereka suatu informasi dengan menulis konten yang berkualitas, dan sebagai imbalannya Anda menempatkan link ke blog Anda dalam posting Anda.

Jika orang menikmati posting tamu Anda maka mereka cenderung untuk mengunjungi blog Anda, maka hal ini akan menjadi salah satu jalan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda.

6. Forum Online


Jika Anda belum melakukannya, Anda harus bergabung dengan forum online populer yang terkait dengan topik Anda. Misalnya, jika blog Anda adalah tentang pelatihan usaha, bergabung beberapa forum pelatihan usaha paling populer.

Banyak forum yang memungkinkan Anda dapat mencantumka link ke situs Anda dalam tanda tangan yang berlangsung di bagian bawah setiap posting yang Anda tulis.

Beberapa forum mengharuskan Anda untuk membuat beberapa posting sebelum membiarkan Anda melakukan hal ini.

Setelah bergabung di sebuah forum, buatlah postingan yang menarik dan bermanfaat. Sama seperti halnya dengan komentar blog, isi postingan di forum Anda juga harus berkualitas tinggi dan membantu orang lain yang sedang mencari informasi sesuai dengan topik Anda.

Orang tidak akan ingin membaca blog Anda jika mereka tidak menemukan postingan forum Anda yang dapat membantu dan menarik bagi mereka.

7. Sering Membuat Postingan


Semua metode promosi di atas fokus untuk mendatangkan pengunjung baru untuk blog Anda. Ini biasanya merupakan langkah yang paling sulit untuk blog apapun. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa setelah pembaca menemukan blog Anda, mereka akan kembali lagi mengunjungi blog Anda.

Membuat postingan baru yang sesering mungkin (setidaknya sekali seminggu, tetapi sebaiknya setiap 1-2 hari), adalah kunci untuk membangun dan menjaga pengikut Anda tetap kembali lagi mengunjungi blog Anda.

Itulah Cara Promosi Blog Agar Banyak Pengunjung. Bagi yang ingin memberikan masukan dan saran silakan untuk berkomentar yang baik dan membangun.

Related Posts

Load comments

Comments