Mempercepat Index Blog dengan Fetch As Google

Fetch As Google (Ambil sebagai Google) merupakan cara untuk membuat artikel Anda yang baru segera terindex oleh mesin pencari dengan cepat.

Mempercepat Index Blog dengan Fetch As Google

Hal tersebut sangat penting sekali untuk dilakukan apabila Anda baru saja telah menyelesaikan membuat sebuah postingan.

Nah agar artikel tersebut yang sudah Anda publish langsung diindex untuk dimasukkan kedalam daftar pencarian dalam mesih pencari google segera pada saat itu juga.

Ini merupakan teknik SEO yang sederhana tetapi sangat bagus dan bermanfaat sekali. Pihak google menyediakan fasilitas tersebut untuk blog yang sudah terdaftar dan telah diverifikasi di Google webmaster Tools.

Mungkin masih banyak yang belum betul-betul memahami pengertian dari Fetch as google dan bagaimana cara menggunakannya secara maksimal dalam mengelola suatu blog.

Padahal fitur tersebut merupakan tools yang sangat penting agar artikel Anda cepat terindex oleh mesin pencari terutama mesin pencari google.

Ada beberapa perbedaan yang terdapat dalam Fetch as google untuk mengeksekusi postingan baru atau artikel dari suatu blog, yaitu Fetch dan Fetch and Render.

Dalam posting kali ini saya akan menjelaskan fungsi dan kegunaan dari masing-masing fitur tersebut.

Perbedaan Fetch dan Fetch Render


Mungkin terkadang masih ada yang bingung bahkan sama sekali tidak tahu menu yang mana yang harus digunakan pada saat seteleh publish artikel agar artikel segera terindex google.

Fetch (Ambil)


Menu fetch (ambil) digunakan agar google merayapi postingan yang baru dibuat atau postingan yang diperbaharui artikelnya. Pilihan ini bisa Anda gunakan apabila selesai melakukan postingan baru tanpa melakukan perubahan pada template Anda.

Fetch and Render


Menu fetch and render digunakan agar google merayapi postingan yang mengalami perubahan pada struktur template blog Anda atau melakukan penambahan kode script baru pada template, laman baru atau widget baru.

Mempercepat Index Blog dengan Fetch As Google

Penjelasan lengkapnya bisa Anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini

  • Login ke akun google webmaster yang telah Anda buat
  • Masuk ke dashboard google webmaster tools
  • Pilih menu perayapan
  • Pilih fetch as google (ambil sebagai google)
  • Masukkan URL postingan yang baru Anda buat, masukkan URL yang di belakang domain saja, karena dikolom sudah tersedia nama URL blog Anda
  • Setelah Anda masukkan URL postingan blog tersebut, klik fetch (ambil) atau fetch and render (ambil dan render), seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Terakhir klik Go (Kirim ke indeks) pada URL yang telah anda masukkan tadi

Related Posts

Load comments

Comments