Lebih Mengenal Cloud Computing

Sudah baca emailku? Sudah baca tautan yang kukirim? Sudah bisa buka draft presentasiku belum? Kamu mungkin pakai desktop atau laptop untuk membuat sebuah artikel atau presentasi. Lalu kamu ingin temanmu membaca dan memberikan komentarnya. Sementara dia sedang dalam perjalanan dari rumah ke kantornya? Padahal kamu dan temanmu sedang diburu waktu untuk menyiapkan sebuah artikel atau presentasi yang akan dipublikasikan atau dipaparkan dalam hitungan jam ke depan.

Lebih Mengenal Cloud Computing

Itu salah satu ilustrasi betapa kamu sudah harus mengakrabi seluk beluk cloud computing. Kamu seringkali menemui persoalan dalam penggunaan aplikasi dan data saat mobilitasmu semakin tinggi. Sementara tidak semua data perlu kamu simpan secara permanen di gawaimu. Sering kan kita mengeluh ROM atau memori internal di gawai kita penuh? Atau banyak data atau file sampah di media penyimpanan gawai kita.

Perkembangan teknologi cloud computing semakin pesat. Kalau melihat sejarahnya, visi cloud computing ini sudah ada sejak tahun 50-an. Dan hingga kini, visi itulah yang memandu semua pemangku kepentingan di dunia teknologi informasi dan komunikasi mengembangkan berbagai temuannya.

Apa karakter dan manfaat cloud? Itu yang kamu perlu dalami. Karena manfaat itulah yang membuat cloud computing semakin berkembang.

Manfaat yang pertama adalah skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk yang kamu gunakan. Kamu tinggal menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.

Yang kedua adalah manfaat aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.

Yang Ketiga soal keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan. Kamu juga gak terlalu cemas saat media penyimpan yang kamu miliki rusak.

Yang keempat adalah Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing. Jika diperlukan tinggal share atau bagi.

Apa sebenarnya cloud? Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Tentu saja kita dihadapkan pada kebutuhan koneksi internet. Gawai dengan kemampuan prosesor dan RAM lebih dibutuhkan ketimbang kapasitas harddrive atau internal memori.

Fungsi paling mendasar adalah menyimpan data kita. Ketika kita mengirimkan email, tentu saja data kita tersimpan di server layanan email. Namun, bila data yang kita kirimkan cukup besar maka kamu akan diarahkan untuk menyimpan dalam fasilitas storage yang lebih fleksibel.

Misalkan kita menggunakan gmail, ketika kita akan mengirimkan foto atau video yang ukuran filenya cukup besar maka kita akan diarahkan untuk menggunakan google drive.

Dalam waktu dekat, aplikasi ini akan segera berakhir. Sebagai ganti aplikasi Drive, Google menyiapkan aplikasi baru bernama Backup and Sync. Aplikasi yang sekaligus menggantikan Google Photos Uploader tersebut memiliki fungsionalitas dan cara kerja yang kurang lebih serupa dengan Drive.

OneDrive ini hadir sebagai pesaing Google Drive. Layanan tersebut juga memberikan akses penyimpanan hingga 15GB. Kamu juga bisa dengan mudah membagikan file lewat tombol share yang ada di dalam layanan tersebut. Cloudwards.net meranking 5 clouds terbaik yaitu : pCloud, sync.com. googledrive, mega, dan mediafire. Kelimanya dinilai untuk paket layanan berbayar bulanan, bukan yang gratisan.

Pada perkembangannya, aplikasi pun sudah disediakan oleh cloud. Hingga kita tak perlu menginstall piranti lunak secara permanen di semua gawai yang kita miliki. Software as a Service (SaaS) adalah salah satu contoh dimana cloud computing menjalankan fungsi ini. Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan.

Google menyediakan aplikasi Google Docs secara gratis. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

Related Posts

Load comments

Comments