Ekstensi VPN Gratis di Browser Google Chrome

Tips internet dari Namina kali ini akan membahas tentang pilihan ekstensi VPN gratis terbaik untuk browser Google Chrome. Meski pada umumnya penggunaan VPN pada perangkat melalui browser ini dilakukan untuk masuk ke situs yang menjadi daftar blokiran Negara Kesatuan Republik Indonesia, faktanya kegunaan VPN lebih dari itu.

Ekstensi VPN Gratis di Browser Google Chrome

Dalam kasus lainnya, ternyata penggunaan VPN tidak melulu dijadikan alat pelarian untuk tujuan membuka situs daftar blokir seperti Netflix, Spotify, Hulu, Pandora, Reddit, Google Play Music yang hanya dapat diakses dari negara US. Yang mana untuk mengakses layanan tersebut kita harus memiliki alamat IP negera US, dengan cara: (1) kita pergi kesana (USA), atau (2) kita menggunakan Virtual Private Network, disingkat VPN.

Belakangan beredar beberapa alasan tentang krusialitas penggunaan VPN ini. Yaitu sebagai berikut :

  • Solusi membuka Visual Editor error/blank, tidak muncul saat membuat postingan baru di Wordpress.
  • Cara terbaik melakukan update postingan untuk blog bule (blog luar negeri).
  • Dan lainnya.

Nah, bagi siapapun yang punya kendala seperti pengalaman saya, atau punya masalah lain dan butuh menggunakan VPN di browsernya (terutama browser Chrome), berikut ini beberapa pilihan ekstensi VPN yang dapat dicoba. Ingat, tidak perlu diinstal semuanya, cukup pilih salah satu saja!

Daftar ekstensi VPN gratis terbaik untuk browser Chrome


Biasanya ekstensi ini juga terdapat di browser lainnya. Jika Anda tidak begitu nyaman menggunakan Chrome, silahkan temukan ekstensi ini pada browser nyaman Anda. Seperti Mozilla Firefox, UC Browser, Opera Mini dan lainnya. Sekadar informasi, semua ekstensi berikut ini sangat support digunakan pada Torch browser.

1. TouchVPN


TouchVPN tampilannya cukup sederhana dan mudah digunakan. Ekstensi ini memberikan pilihan VPN dari beberapa negara terkenal. Mulai dari Amerika hingga Eropa, seperti Kanada, Perancis, Amerika Serikat, Chili, Swedia, Belanda, Spanyol, Republik Ceko, Turki, Jerman, Inggris. VPN dari Asia juga ada, yaitu dari Singapura.

Ekstensi ini cukup stabil, walaupun agak sedikit lambat, tetapi TouchVPN memberikan sepenuhnya secara gratis. Namun karena lebih banyak pilihan untuk beralih ke negara-negara seperti yang disebutkan tadi, maka tinggal beralih ke negara tertentu untuk mengatasinya.

2. ZenMate VPN


ZenMate VPN merupakan salah satu ekstensi VPN gratis yang cukup banyak penggunannya. Untuk 7 hari pertama, ZenMate memberikan trial penggunaan fitur premiumnya. Ekstensi VPN ini memberikan layanan gratis secara cuma-cuma untuk 4 negara, yaitu Amerika Serikat, Hongkong, Jerman dan Romania.

Menariknya dari ekstensi ZenMate ini ialah, dia dapat melakukan pergantian secara otomatis berdasarkan situs yang telah kita kunjungi, dengan negara pada VPN yang telah kita setting sebelumnya.

Misalnya pada saat kita mengunjungi Netflix.com dan setting layanan VPN kita arahkan ke US, maka jika suatu waktu kita ingin mengunjungi Netflix lagi, secara otomatis ZenMate akan mengubah posisi negara VPN ke US.

Itu baru layanan yang diberikan untuk pengguna FREE. Tentu bagi Anda yang ingin mendapatkan fitur lebih banyak lagi bisa coba menggunakan yang premiumnya.

3. ExpressVPN


Ekstensi VPN untuk Google Chrome satu ini adalah ekstensi yang hampir lengkap memberikan layanan secara gratis. Tampilannya sangat sederhana dan mudah di navigasi.

Sejauh ini ExpressVPN mendapatkan banyak komentar positif dan banyak yang mengatakan bahwa VPN ini merupakan ekstensi VPN tercepat yang patut dicoba. Fiturnya juga tak kalah dengan yang lainnya.

Cara menggunakan Express VPN pun cukup gampang, caranya tinggal menginstal ekstensinya, lalu pilih negara yang diinginkan, maka Express VPN sudah siap digunakan. VPN ini tersedia untuk free trial selama 7 hari dan premium dengan berbagai fitur unggulannya dibandingkan ekstensi serupa.

4. TunnelBear VPN


Yang paling unggul dari ekstensi VPN ini adalah TunnelBear VPN memberikan lebih banyak negara yang dapat dilih, yakni lebih dari 15 negara. Mulai dari Amerika Serikat, Perancis, Italia, Balanda, Swedia, Switzerland, Irlandia, Spanyol, Inggris, Kanada, Brazil, Jerman, Jepang, Singapura, Norwegia dan Hongkong. Juga ekstensi VPN ini memberikan layanan full bagi penggunannya, artinya bisa switch kapan saja ke negara-negara tersebut, serta beberapa tambahan fitur bermanfaat lainnya.

Hanya saja ada pembatasan dalam penggunaan data. Untuk versi gratis, pengguna dibatasi sebesar 750 MB/bulan. Namun untuk pengguna pertama kali diberikan bonus sebanyak 1 GB data, jika bersedia membagikan tautan ekstensi ini ke media social.

Ekstensi VPN ini cukup stabil digunakan. Yang paling penting ialah DotVPN mampu membuka/mengakses situs atau website yang diblokir pemerintah. Juga ada tambahan fitur bermanfaat lainnya, seperti memblokir iklan, mengamankan history browser saat Anda menggunakan Wi-Fi public, mencegah virus melalui browser dan lainnya.

5. Hotspot Shield Free VPN Proxy


Sama seperti TouchVPN, ekstensi VPN untuk chrome ini juga memberikan layanan secara gratis sepenuhnya. Dengan lokasi negara IP Address yang dapat dipilih ialah Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Australia, Kanada, Cina, Jerman, India dan Inggris.

Fitur Hotspot Shield Free VPN Proxy lainnya ialah :

  • Dapat membuka website daftar blokir pemerintah.
  • Dapat mengamankan aktifitas browser yang kita gunakan, menggunakan enkripsi perbankan, baik pada jaringan public maupun private.
  • Menyembunyikan alamat IP, identitas & lokasi dari situs & pelacak online untuk privasi maksimum & keamanan untuk mencegah pencurian informasi pribadi.
  • Firewall Bypass, browsing secara anonim untuk menghindari pelacakan.

Cara menggunakan Hotspot Shield Free VPN Proxy juga sangat amat gampang, sama seperti menginstal ekstensi VPN lainnya. Selain itu, tampilannya yang sederhana juga membuatnya sangat mudah dinavigasi.

6. DotVPN


Ekstensi VPN DotVPN ini memberikan 2 versi layanan VPN, yaitu free trial 7 hari (untuk menggunakan fitur premiumnya) dan versi premium yang kaya akan fitur yang bermanfaat saat browsing di internet.

Cara menggunakan DotVPN sangat mudah, tinggal klik tautannya di atas, lalu Add Ekstensi. Maka ekstensi VPN untuk chrome ini siap digunanakan. Yang pasti, dengan berbagai keunggulannya yang akan dijabarkan berikut ini, ekstensi VPN ini dapat membuka list website/situs blokir dengan lancer.

Adapun dengan menggunakan DotVPN, kita diberikan pilihan lebih banyak lokasi secara gratis dibandingkan VPN sejenis lainnya, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Perancis, Jepang, Belanda, Singapura, Spanyol, Swedia, Switzerland, Rusia, dan Inggris.

Fitur DotVPN yang berguna saat sedang berselancar di internet yang diberikan secara gratis ialah sebagai berikut :

  • Melindungi lokasi Anda sehingga tidak terlacak.
  • Block Marketing Analytics: Memblokir marketing analitic, misalnya Anda sedang mengunjungi website travel, maka website tersebut akan mengoleksi data dan data tersebut akan digunakan untuk membuat iklan yang relevan bagi mereka.
  • Memblokir iklan, tanpa bantuan ekstensi lainnya seprti Adblock.

Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak lagi, silahkan mencoba untuk gunakan yang versi Premiumnya.

7. Betternet Unlimited Free VPN


Betternet Unlimited Free VPN adalah ekstensi VPN browser yang memberikan layanan VPN gratis selamanya. Bahkan untuk menggunakan Betternet Unlimited Free VPN ini Anda tidak perlu login, hanya tinggal install, jalankan ekstensinya, maka Betternet Unlimited Free VPN siap digunakan.

Meskipun kecepatan dari VPN ini cukup stabil, sayangnya layanan yang diberikan hanya memungkinkan untuk 1 IP Address saja, yaitu lokasinya di Amerika Serikat.

Namun, ekstensi VPN ini cukup handal dan dapat diandalkan untuk membuka daftar situs blokir pemerintah dengan sempurnya. Ekstensi VPN satu ini juga terbilang aman untuk data browser kita. Sebab, pihak developer Betternet Unlimited Free VPN mengaku tidak ada log yang disimpan atau mengoleksi data dari user.

Ekstensi Betternet Unlimited Free VPN juga nyaman digunakan, karena tidak ada iklan di aplikasinya. Cara menggunakan Betternet Unlimited Free VPN juga sangat mudah, tinggal Add Ekstensi lalu jalankan ekstensinya, maka Betternet Unlimited Free VPN sudah langsung bisa digunakan.

Demikian artikel tentang Ekstensi VPN Gratis di Browser Google Chrome, Mozilla, Opera Mini dll di atas bermanfaat untuk Anda, dan dapat digunakan dengan bijak. Selamat mencoba.

Related Posts

Load comments

Comments