Apakah Google PageRank Masih Ada?

Apa Itu Google PageRank?


Google PageRank merupakan algoritma penganalisis link untuk menentukan tingkat pentingnya sebuah blog/situs web di mata Google. Kata "page" sendiri berasal dari nama salah satu pendiri Google, Larry Page. Skala angka yang digunakan dari 1 sampai 10. Semakin besar angkanya, maka dianggap makin penting menurut Google.

Apakah Google PageRank Masih Ada

Menurut beberapa sumber, makin tinggi pagerank blog anda robot search engine akan lebih cepat mendatangi blog anda. Artinya, posting-posting terbaru anda akan tampil lebih cepat di search engine. Pagerank juga penting bagi blog yang bersaing di keyword yang tingkat persaingannya tinggi.

Selain itu, pagerank tinggi diburu oleh mereka yang mencari penghasilan dari blog lewat menjual link atau mengikuti program paid review. Blog ber-pagerank tinggi biasanya akan lebih mudah mengikuti program-program tersebut dan mendapatkan tarif yang lebih tinggi. Masih kaitannya dengan meraih penghasilan dari blog, blog ber-pagerank bisa dijadikan komoditas untuk diperjualbelikan.

Salah satu cara Google menentukan pagerank adalah dengan mempertimbangkan link masuk (incoming link). Makin banyak link masuk yang diterima, Google akan makin memperhitungkan pagerank blog tersebut.

Apakah Google PageRank Masih Ada?


Bulan April 2016 lalu adalah bulan yang heboh bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa per Jumat, 15 April 2016, Google PageRank lenyap dari Google Toolbar.

Google PageRank telah menjadi acuan yang penting untuk menilai kualitas suatu website selama bertahun-tahun. Dan untuk mencapai PageRank 10 dalam skala 1-10 adalah suatu yang sangat mustahil mengingat bahwa angka 10 hanya lah dapat dicapai oleh website-website besar seperti Google dan Facebook sebagai contoh.

Secara SEO, PageRank yang lebih baik akan sangat membantu sebuah website untuk di-crawl oleh robot algoritma Google untuk indeksasi dengan lebih cepat dibandingkan website yang tidak punya PageRank sama sekali. Pentingnya PageRank ini bagi praktisi SEO adalah adanya unsur seperti seberapa banyak website besar yang memberikan backlink ke suatu website dan hal ini terkait dengan kualitas konten dalam website yang bersangkutan.

Untuk website dan domain yang baru dibuat, hal ini tentu memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan PageRank ini. Makanya, banyak pemilik atau pengelola website maupun blog (webmaster) yang memberikan komentar pada bagian komentar artikel yang ada di website besar dengan meninggalkan backlink ke websitenya dengan harapan mendapatkan PageRank secepat mungkin dari berbagai website besar. Namun teknik SEO ini hanya memberikan dampak tidak baik terhadap website itu sendiri.

Tapi jangan khawatir, karena setelah saya cek situs naminakiky.com di situs https://checkpagerank.net/check-page-rank.php ternyata angka dari PageRank situs ini muncul dan bukan lagi angka 0 saja, namun di beberapa situs tools Google PageRank lain akan memunculkan angka 0 (Belum terindeks).

Berikut situs yang menyediakan tools gratis untuk Mengetahui Google PageRank untuk Blog Anda :


Anda tinggal membuka salah satu situs di atas, dan masukkan url website atau blog Anda dan Lihat hasilnya.

Jika Anda masih ragu karena nilai PageRank yang tidak tentu menurut beberapa sumber tools Google PageRank. Anda bisa menghitung nilai setara PageRank, dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan hasil perhitungan yang ada dari tool lain. Sebagai referensi dari sebuah perusahaan SEO Australia, seoworx.net.au, yang menggunakan formula sebagai berikut : PageRank (PR) = (Domain Authority (DA) + Trust Flow (TF)) / 20. Perlu diingatkan kembali bahwa ini juga merupakan perkiraan kasar terbaik yang bisa dilakukan. Karena Domain Authority masih merupakan faktor yang dapat dipertanyakan karena backlink nya bisa saja ada yang didapatkan dengan cara spamming.

Untuk mengetahui hasil Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) pada sebuah situs. Anda bisa cek di sini :


Baca juga : Pengertian Domain Authority dan Page Authority

Dengan tidak hadirnya metrik PageRank secara praktis dalam tampilan yang mudah dibaca tidak akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan teknik SEO yang dilakukan secara organik dan berkelanjutan, karena konten yang kontekstual akan dicari oleh mereka yang mencari informasi yang tepat sasaran.

Demikian ulasan tentang Apakah Google PageRank Masih Ada dari naminakiky.com. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Load comments

Comments