Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by robots.txt

Pada index status Webmaster Google masalah URL yang di cekal robots.txt seperti ini sering terjadi. Dengan adanya pembaharuan fitur pada Webmaster Google, beberapa diantara pemilik blog mengalami masalah tentang index di blog mereka. Salah satunya adalah Error Index Coverage. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by robots.txt

Jika Anda pemilik blog dan pernah mendapatkan email seperti dibawah ini, berarti blog Anda sedang mengalami permasalahan pada index. Email ini saya dapatkan ketika blog ini mengalami permasalah peng-index-an pada webmaster google.

New Index coverage issue detected for site https://www.naminakiky.com/
To owner of https://www.naminakiky.com/,
Search Console has identified that your site is affected by 1 new Index coverage related issue. This means that Index coverage may be negatively affected in Google Search results. We encourage you to fix this issue.
New issue found:
Indexed, though blocked by robots.txt

Email pemberitahuan tersebut saya dapatkan pada tanggal 28 Februari 2018, yang intinya Google memberitahukan kepada saya bahwa telah terjadi kesalahan pada index blog milik saya. Lalu bagaimana cara mengatasi error index coverage di webmaster tools google?

Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by robots.txt


Setelah saya telusuri ternyata pada bagian robot.txt di blog saya terjadi pemblokiran yang menyebabkan terjadinya error tersebut, kemudian saya memperbaikinya dengan menghilangkan beberapa kode yang memblokir perayapan, yaitu dengan mengganti kode "Disallow: /search" dengan "Disallow: /" seperti dibawah ini settingan robot.txt yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada blog saya.

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.naminakiky.com/sitemap.xml

Kemudian saya ganti formatnya menjadi seperti dibawah ini

User-agent: *
Disallow: /
Allow: /
Sitemap: https://www.naminakiky.com/sitemap.xml

Dengan begitu setelah seminggu saya kembali melakukan pengecekan pada webmaster tools apakah masih terjadi kesalahan pada Index Coverage, dan hasilnya sangat baik seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by robots.txt

Maka dapat diambil kesimpulan dari kejadian error diatas menyatakan bahwa pada bagian "/search" yang menyebabkan terjadinya error index coverage sehingga tidak akan ter-index oleh mesin pencari, walaupun hal tersebut dapat Anda abaikan, sebab hal tersebut tidak berdampak apa-apa terhadap blog Anda. Maka jangan panik jika terjadi Error Index Coverage di webmaster tools Anda.

Kalau Anda ingin tahu lebih lanjut tentang index coverage status dapat Anda kunjungi laman resmi Google : Index Coverage status Report

Demikian Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by robots.txt, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts

Load comments

Comments