Cara Efektif Membuat Title Tag di Blog

Pada artikel kali ini Namina akan dibahas mengenai Cara Efektif Membuat Title Tag di Blog yang merupakan salah satu elemen dasar dari suatu halaman, yaitu title tag.

Cara Efektif Membuat Title Tag di Blog

Jika pengguna internet mencari sesuatu di search engine maka hal pertama yang dilihat adalah title tag. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memberi perhatian lebih terhadap tag ini.

Apa Itu Title Tag?


Title tag merupakan elemen utama suatu website berupa teks yang terletak di antara kode dan . Tag ini berisi judul dari suatu halaman dan menggambarkan isi halaman tersebut.

Contoh kode :

<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>

Judul halaman akan memberi informasi mengenai apa yang dibahas pada halaman tersebut. Selain itu, tag ini tidak hanya berguna bagi pembaca, tapi juga mesin pencari.

Mengapa Title Tag Penting Bagi SEO?


Title tag akan digunakan oleh search engine sebagai judul halaman di SERP (Search Engine Results Pages).

Tag ini juga dapat mempengaruhi posisi website di mesin pencari. Mengapa begitu? Di bawah ini akan dijelaskan 2 alasan yang bisa mempengaruhi ranking suatu website.

1. Menunjukkan relevansi halaman kepada mesin pencari


Title tag berfungsi untuk memberi informasi kepada search engine mengenai apa yang ditulis pada suatu halaman.

Search engine akan menganalisa keterkaitan antara tag tersebut dengan konten yang ada. Tingkat relevansi suatu halaman akan sangat berpengaruh terhadap posisi website. Ini dilakukan untuk memberikan informasi yang tepat kepada pencari informasi sesuai yang diinginkan.

2. Berpengaruh terhadap Click Through Rate (CTR)


Sesuai dengan letaknya yang berada di baris pertama pada snippet, tag ini akan dilihat pertama kali sebelum pengguna melihat deskripsinya.

Oleh karenanya, tag tersebut akan sangat berpengaruh pada click through rate, yang merupakan perbandingan antara jumlah klik dengan jumlah penayangannya.

Jika ingin mendapatkan jumlah klik yang besar di search engine, buatlah title tag atau judul halaman secara efektif.

Di Mana Saja Title Tag Ditemukan?


Tag ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap pembaca. Karena apakah pembaca ingin membuka suatu halaman atau tidak, dapat melihatnya melalui tag ini.

Tag ini akan digunakan dan ditemukan di beberapa tempat, antara lain sebagai berikut.

1. Web Browser


Salah satu tempat yang akan menampilkannya adalah web browser. Ini merupakan lokasinya yang paling sering dilihat oleh pembaca

Tag ini ditemukan pada bar di bagian paling atas dari web browser yang menunjukkan judul halaman website.

Selain pada bar, tag ini juga akan digunakan sebagai judul dari situs yang disimpan di dalam bookmark web browser.

2. Halaman Hasil Pencarian Search Engine


Title tag juga akan digunakan oleh search engine pada halaman hasil pencariannya (SERP). Tag ini akan berada pada baris pertama dari setiap snippet.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, tag ini memiliki peran penting dalam optimasi mesin pencari. Tag tersebut akan berpengaruh pada jumlah klik suatu website yang ada di SERP.

3. Media Sosial


Media sosial juga merupakan salah satu tempat ditemukannya tag ini. Bagaimana ini bisa ditemukan di social media?

Jika halaman di suatu website dibagikan (share) ke media sosial maka title tag akan digunakan sebagai judulnya.

Tips Membuat Title Tag


Lalu, bagaimana cara membuatnya dengan benar. Berikut akan dijelaskan mengenai 5 hal yang perlu diperhatikan.

1. Harus relevan


Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat title tag yang memiliki relevansi/keterkaitan terhadap konten yang dibuat.

Title tag harus dibuat secara akurat. Ini artinya tag ini harus bersifat deskriptif, menjelaskan mengenai apa yang sedang ditulis di dalam halaman tersebut.

Jangan membuatnya sama sekali tidak menggambarkan isi tulisan yang dibuat. Karena search engine akan melihat relevansi dari tag ini, yang juga akan menentukan posisi website Anda.

2. Gunakan keyword didalamnya


Keyword atau kata kunci merupakan teks yang akan digunakan untuk melakukan optimasi mesin pencari.

Keyword dapat ditemukan pada berbagai elemen website. Salah satunya adalah title tag. Letakkan keyword yang Anda targetkan pada suatu halaman ke dalam tag ini.

Anda bisa memasukkan primary dan secondary keyword ke dalam tag ini. Asalkan keyword tersebut harus memiliki keterkaitan dengan isi halaman yang dibuat. Jangan menggunakan irrelevant keywords.

Tips terbaik untuk mengoptimalkan kata kunci pada title tag adalah dengan menaruhnya di bagian awal.

3. Jangan memasukkan keyword secara berlebihan


Keyword memang perlu untuk digunakan pada title tag, tapi gunakanlah dengan natural, jangan berlebihan (keyword stuffing).

Keyword stuffing merupakan tindakan spam. Hal ini tidak disukai oleh google. Untuk itu, hindari menulis kata kunci secara berlebihan pada title tag.

Melalui blog Matt Cutts dikatakan untuk menghindari keyword stuffing. Jika hal ini dilakukan pada suatu website, konsekuensinya website tersebut bisa diban dan keluar dari indeks google.

4. Bersifat memancing


Title tag yang baik adalah yang bersifat memancing atau mengajak, yang dapat membuat pembaca untuk melakukan klik. Ini akan berpengaruh pada click through rate.

Masukkan kata seperti "terbaru", "mudah", "lengkap", dan sebagainya yang dapat membuat pembaca ingin membukanya.

5. Hindari membuat title tag yang sama dengan halaman lain


Jangan ada title tag yang dibuat sama di setiap halamannya.

Google mengatakan melalui search engine optimization starter guide yang dibuatnya, bahwa idealnya setiap halaman mempunyai title tag yang unik (berbeda-beda). Ini akan membantu google untuk membedakan halaman yang ada di website Anda dengan halaman yang lainnya.

Kelima tips yang telah disebutkan di atas saya rasa sudah cukup untuk membuat title tag yang efektif. Intinya, buatlah untuk kepentingan pembaca juga. Tidak hanya untuk search engine.

Cukup sekian dari Namina tentang Cara Efektif Membuat Title Tag di Blog. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Load comments

Comments